PENGHARGAAN

  

21 Nov 2011 ]
PT. SIDOMUNCUL TERIMA PENGHARGAAN ECONOMIC CHALLENGES KE TIGA KALINYA


Direktur Utama PT. Sidomuncul Irwan Hidayat, Senin malam (21/11) melalui siaran langsung di Metro TV menerima penghargaan Economic Challenges dari Metro TV. PT. Sidomuncul dalam hal ini mewakili industri Farmasi dan obat-obatan berhasil mendapatkan penghargaan Economic Challenges 2011, penghargaan ini kali ke tiga bagi PT. Sidomuncul.

Penghargaan bergengsi yang diunggah melalui internet dari 18.014 voters, pengambilan sampel berlaku sejak tanggal 10 – 18 Nopember 2011 ini dilakukan secara independent dari team IT Metro TV.
PT.Sidomuncul berhasil mendapatkan suara sebesar 46% dalam bidang Pharmacy/Herbal sector. Adapun kriteria utama dari pemilihan pemenang Economic Challenges 2011 dari Metro TV ini adalah perusahaan Indonesia yang mampu bersaing di dunia. Dengan metode sesuai website Metro TV yang akhirnya dihasilkan 11 kategori perusahaan terfavorite sesuai pilihan pemirsa.
Kesebelas perusahaan tersebut adalah:

1. Bidang tambang & energi : Pertamina (Persero)
2. Jasa Keuangan : BNI 1946 (Persero, Tbk)
3. Perusahaan Maskapai Udara : Garuda Indonesia, Tbk
4. Industri Telekomunikasi : PT. Telkom, Tbk
5. Perusahaan Retail : Matahari Putra Prima, Tbk
6. Pharmacy/Herbal sector : PT. Sidomuncul
7. Industri Konsumsi : Indofood Sukses Makmur, Tbk
8. Industri Strategi : Krakatau Steel (Persero)
9. Bidang Property : Agung Podomoro
10. Elektronik & Peralatan Rumah Tangga : PT. Hartono Istana Teknik (Polytron)
11. Kosmetik : PT. Mustika Ratu, Tbk

“ Penghargaan Economic Challenges yang diterima PT. Sidomuncul ini ketiga kalinya sejak tahun 2009, 2010 dan 2011. Dengan diraihnya penghargaan ini harapan kami produk-produk PT. Sidomuncul bisa dikenal di negeri sendiri, kita harus mempersiapkan diri menjadi perusahaan seperti halnya perusahaan di negera yang maju dan tentunya produk-produk kami bisa diterima dimanca Negara “, harap Dirut PT. Sidomuncul Irwan Hidayat (PR/SM/22/11/’11). 

                       
 



 
" Best Encouragement Product 2003" , tingkat ASEAN, untuk produk minuman Turmeric Natural Drinks/ Kunyit Asam.
Penghargaan " Best Product Encouragement Prize ", diperoleh pada event International The 8th ASEAN FOOD CONFERENCE, di Vietnam pada 6 - 7 dan 8 - 11 Oktober 2003 lalu. Pada acara tersebut, produk Kunyit Asam bersaing dengan ratusan produk pangan dari berbagai industri pangan, dari 10 negara ASEAN, dengan komposisi dewan juri yang terdiri dari para pakar ilmu pangan se-ASEAN serta dari Australia, Korea, USA dan China. Kriteria pemilihan yang ditetapkan antara lain: kreatifitas, kontribusi, pengembangan dari hasil riset, kontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan manusia, kandungan lokal, penilaian dan penerimaan konsumen serta dampak ekonomi secara luas. AFC sendiri merupakan event yang diadakan 3 tahun sekali,dengan partisipan 22 negara, termasuk 10 anggota ASEAN, Jepang, Korea, Australia, USA dan Congo. 


 
Anugerah " Solo Customer Satisfaction Index ( SCSI ) 2003 " , sebagai merek Jamu terpopuler.
PT. SidoMuncul meraih Penghargaan SCSI 2003 ( Solo Customer Satisfaction Index ) untuk kategori Jamu, serta produk Kunyit Asam Fiber ( salah satu varian Kunyit Asam ) meraih peringkat ke-3 untuk kategori minuman berserat. Event ini diadakan Fakultas Ekonomi Univesitas Sebelas Maret, Solo dengan Harian Umum Solo Pos. Survei untuk mendukung SCSI melingkupi daerah eks-karesidenan Surakarta, antara lain : Kota Surakarta, Kab. Sukoharjo, Kab Karanganyar, Kab.Klaten, Kab, Wonogiri, Kab. Sragen dan Kab. Boyolali , dengan jumlah sample 2.059 KK, dan jangka waktu pelaksanaan survei sekitar 3 bulan. Malam penganugerahan Penghargaan SCSI diadakan pada 16 Oktober 2003 di Solo. SCSI menggambarkan loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ( brand awareness, market share, customer satisfaction. 


 
Penghargaan " Best Brand " dari Frontier dan majalah SWA, untuk produk KukuBima.
Penghargaan ini dilakukan guna memilih merek-merek paling top dan menjadi top of mind di Indonesia, diadakan rutin pada setiap tahunnya oleh Majalah SWA, yang dalam surveinya bekerjasama dengan dua lembaga penelitian pemasaran independen, yaitu Frontier Marketing & Research Consultant dan PT. Capricorn Mars Indonesia, pada periode yang bebeda. Survei diadakan di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan. 


 
Merek Dagang Unggulan Indonesia 2003..
 
Penghargaan Merek Dagang Unggulan Indonesia merupakan penghargaan pemerintah yang digagas oleh Departemen Perdagangan dan Perindustrian. Nominator penerima penghargaan ini berjumlah 36, dan SidoMuncul terpilih untuk menerima penghargaan kategori Merek Unggulan Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Megawati Soekarnoputeri pada penutupan Pameran Produksi Indonesia ( PPI ) 2003. Nama para nominator sendiri merupakan hasil masukan masyarakat Indonesia, berjumlah sekitar 18.600 orang yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. 



 
Penghargaan dari Departemen Perhubungan dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk program Mudik Lebaran Gratis ke -13 kali, tahun 2002
 
Tradisi Mudik Lebaran Gratis diawali pada tahun 1991, dan diperuntukkan bagi para penjual jamu di Jabotabek. Bila di-total, jumlah keseluruhan para pemudik yang mengikuti program Mudik Lebaran SidoMuncul adalah 140.000 orang. Di tahun 2002, setelah 13 kali mengadakan program Mudik ini, pemerintah memberikan penghargaan karena dinilai telah memberikan sumbangsih dan membantu dalam mengatasi permasalahan mudik lebaran pada setiap tahunnya. Penghargaan berupa piagam diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Agum Gumelar dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jacob Nuwa Wea.
 


 
Peraih " Cakram Award 2002 " , untuk kategori Pengiklan terbaik 2002
 
Setiap tahunnya, majalah khusus Kehumasan dan periklanan Indonesia ini mengadakan pemilihan tentang perusahaan atau institusi ataupun insan-insan yang memiliki prestasi atau potensial yang terkait dengan kegiatan periklanan dan Humas. Di tahun 2002, SidoMuncul berkesempatan untuk memperoleh Anugerah Cakram Award, khususnya untuk produk Tolak Angin karena iklannya dinilai inovatif, mampu mempengaruhi dan merubah persepsi masyarakat, bahwa jamu itu tradisonal menjadi jamu yang modern, disamping juga mampu mendongkrak nilai penjualan produk. 



 
Penghargaan " ICSA 2002 ", untuk produk KukuBima / Kategori Jamu dan Obat Kuat Pria
 
ICSA atau Indonesia Customer Satisfaction Award merupakan penghargaan yang diberikan pada produk-produk maupun perusahaan yang menurut survey menduduki posisi teratas dalam konteks kepercayaan masyarakat. Penghargaan ini diprakarsai oleh majalah SWA sembada. 



 
Perusahaan Teladan " Cara baik Bung Hatta " , tahun 2002.
 
Bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran tokoh Proklamator Indonesia , Muhammad Hatta, atau lebih dikenal dengan Bung Hatta, yang tepatnya jatuh pada 12 Agustus 2002, Maka keluarga besar Bung Hatta, bekerjasama dengan harian Republika, mengadakan pemilihan perusahaan yang dinilai telah menerapkan teladan dan cara Bung Hatta dalam melaksanakan aktifitas bisnis, maupun menggerakkan perekonomian rakyat. 



 
Penerima Kehati Award 2001, kategori Pelaku Bisnis Peduli Lingkungan.
 
Penghargaan pertama yang diberikan kepada pelaku bisnis karena telah membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan, upaya meletarikan keanekaragaman hayati Indonesia, pengolahan limbah hingga menghasilkan manfaat baru dan membuat pabrik yang ramah lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan karyawan. 



 
Penerima Sertifikat CPOTB dan CPOB 2000, sebagai perusahaan Jamu pertama di Indonesia yang melakukan standarisasi Farmasi.
 
Pelaksanaan penyerahan sertifikat langsung dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Ahmad Sujudi, dan dengan keberadaan Sertifikat ini, maka produk-produk Sidomuncul dinilai setara dengan produk farmasi, sekaligus pada segi operasional pembuatan produknya. 



 
8 Feb 2013 ]
 Rabu (6/2) Dirut PT. Sidomuncul Irwan Hidayat didampingi bintang iklan Kuku Bima Energi Donny Kesuma kembali memberikan sumbangan banjir di daerah Bekasi. Tepatnya di Pangkalan Bambu Bekasi Barat dan Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih Bekasi

Seperti tahun-tahun sebelumnya penghargaan Top Brand Award 2013 yang diselenggarakan majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier Consulting dilaksanakan di hotel Mulia Jakarta, tepatnya Jum’at (8/2). Tahun ini penghargaan Top Brand untuk produk-produk PT. SidoMuncul antara lain : Kuku Bima Energi, Kuku Bima TL dan Tolak Angin, penghargaan ini diterima yang keenam kalinya.
Produk unggulan PT. SidoMuncul yang menerima penghargaan Top Brand Award 2013 dalam kategori ‘Energy Drink Powder’, ‘Vitality Enhancer for Man’, dan ‘Herbal Medicine Against Cold’ yaitu produk Kuku Bima Energi, Kuku Bima TL dan Tolak Angin.
Malam penghargaan yang dihadiri ratusan audience dan top manajemen perusahaan-perusahaan ternama ini digagas oleh Handi Irawan D, Chairman Frontier Consulting Group. Adapun penghargaannya akan diserahkan oleh PJ Rahmat Susanta Pemimpin Umum Majalah Marketing didampingi Handi Irawan D yang akan diterima oleh Linawati Sutedja Group Product Manager Kuku Bima, Ludwig Brasali Product Manager Kuku Bima dan Retna Widawati Goup Product Manager Tolak Angin.
Di tempat terpisah Direktur Utama PT. SidoMuncul Irwan Hidayat mengungkapkan rasa bahagiannya menerima Top Brand yang keenam kalinya ini karena dengan apresiasi ini menjadikan penyemangat untuk selalu berbenah dan memberikan produk-produk terbaik bagi masyarakat, apalagi penghargaan ini merupakan penghargaan perdana di awal tahun 2013.
Top Brand Award merupakan penghargaan bergengsi di bidang merek yang hanya diberikan kepada merek-merek yang meraih posisi puncak. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil riset nasional Frontier Consulting Group di 8 kota besar, antara lain : Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Balikpapan dan Makassar. Dengan melibatkan 4.200 responden, menggunakan metodologi pengumpulan data yang dilakukan secara wawancara langsung dan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpul data.
Merek menjadi salah satu kekuatan perusahaan terbesar saat ini, merek bukan hanya sekedar identitas tetapi mampu menciptakan ekuitas yang tinggi bagi perusahaan. Image dan loyalitas jangka panjang akan terbentuk, sehingga merek terkuat adalah merek yang mampu menempatkan diri pada posisi puncak.
Kuku Bima Energi, Kuku Bima Tl dan Tolak Angin telah terbukti sebagai produk yang memiliki merek yang kuat dengan diterimanya berbagai penghargaan dari tahun ke tahun antara lain: Merek Terpopuler, Indonesia Customer Satisfaction Index (ICSA), Indonesia Best Brand Award (IBBA), Golden Best Brand Award, Platinum Best Brand Award, The Word of Mouth Marketing (WOMM), Cakram Award, Marketing Award, Indonesia Most Popular Brand In Social Media, Indonesian Original Brand Apreciation dll. (PR/SM/VIII/II/’13) 
 


 
6 Dec 2012 ]
 PT. Sidomuncul kembali menerima Excellent Brand Award untuk kategori jamu

PT. Sidomuncul kembal imenerima penghargaan sebagai merek-merek terpilih dan mendapat penghargaan dari konsumen se-Solo.
Kamis (6/12) di Puri Kencana Ballroom Lor-In Hotel, Solo. PT. Sidomuncul kembali menerima Excellent Brand Award untuk kategori jamu dari TATV salah satu televisi ternama di kota Solo. Penghargaan yang diterima PT. Sidomuncul ini diwakili oleh PR Manager PT. Sidomuncul Nanik R. Sunarso.